Saksi Bisu Rahasia Kekuatan Gajah Mada, Indahnya Air Terjun Madakaripura

INDONESIASATU.CO.ID:

BADUNG-Wisata Gunung Bromo tak hanya dikenal punya Bukit Teletubbies yang indah, kawah gunung yang mempesona,Air Suci Widodaren, hingga menjajal sensasi naik Jeep yang menantang. Ada air terjun cantik di baliknya, konon dulunya jadi tempat pengasingan diri (bertapanya Gajah Mada).

Air terjun itu setinggi 2 meter, sampai diklaim tertinggi di Jawa. Derasnya air yang mengalir ke kali konon disimbolkan jadi kekuatan Gajah Mada pada masa itu. Berdasarkan informasi yang ditulis dalam Buku Negarakertagama abad ke-14, kawasan Madakaripura merupakan secuil tanah milik Gajah Mada yang diberi oleh Hayam Wuruk. Di sinilah terdapat air terjun cantik, yang membuat patih betah mencari wangsit di sana.

Apalagi saat itu, dirinya punya tugas menyatukan Nusantara dengan membuat Sumpah Palapa. Jadilah patih berdiam di sana untuk menenangkan diri. Bahkan mitosnya, lokasi ini jadi tempat pertapaan terakhir tokoh penting Kerajaan Majapahit itu dalam hidupnya.

Kabiro Indonesia Satu Biro Bali mengadakan perjalanan ke lokasi air terjun itu Sabtu sore (17/11) dengan menggunakan Fortuner. Perjalanan dari Bali menuju tempat tersebut bisa langsung di akses mengunakan google map. 

Setelah sampai lokasi Minggu (18/11) kendaraan harus diparkir dan kita diantar ojek dengan membayar ongkos Rp. 10.000,- ,setelah sampai di pintu masuk kita harus berjalan kaki. Tidak mudah dijangkau memang. Wisatawan harus trekking jika ingin menikmati keindahan alamnya. Butuh sedikit perjuangan untuk merasakan suasana yang tenang. Untuk kenyamanan perjalanan kita bisa meminta bantuan jasa guide dengan membayar jasa Rp. 100.000,-. Rasa letih kita akan terbayar ketika sudah sampai dilokasi air terjun. 

Begitupun dulu saat Gajah Mada masih meninggali kawasan tersebut yang sepi sekali, bahkan jauh dari peradaban. Kini jika wisatawan ingin membuktikan keindahan, banyak paket wisata yang ditawarkan untuk menuju ke lokasi.

Kami harus menempuh perjalanan dengan mengendarai fortuner bisa juga menyewa Mobil Jeep, sama seperti saat eksplorasi Gunung Bromo. Banyak persiapan tentunya saat pergi menuju objek wisata eksotis itu. Wisatawan harus menyiapkan banyak amunisi makanan dan minuman, karena harus menempuh perjalanan jauh.

Lokasi dari air terjun tercantik di Pulau Jawa itu tepat berada di Desa Sapih, Branggah, Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Anda harus melewati bukit berkelok yang bikin pusing selama di perjalanan. Setiba di sana pasti Anda betah berlama-lama, apalagi kalau cuacanya bersahabat.

Kepala Biro Indonesia Satu Bali Lilik Adi Goenawan.S.Ag, ingin membuktikan apakah benar di lokasi bertapanya Patih Gajah Mada,disekitar tempat melukat mengeluarkan aroma bau wangi cendana. 

" Ya, benar Pak dilokasi melukat memang mengeluarkan aroma wangi bau cendana,bagi umat hindu ada pura di depan samping patung gajah mada bisa sembahyang di sana, dan ada musholla bagi umat muslim untuk sholat", kata warga setempat yang menjadi guide kami. 

"Sekitar 2 km menuju tempat air terjun aroma wangi tercium sangat menyengat, Jero Wayan pakai parfum?" tanya saya.

"Iya tapi ini bukan wangi parfum saya,ini wangi cendana" kata Jero Wayan.

"Teryata hal tersebut bukan mitos, karena kami meyakini bahwa Patih Gajah Mada pernah mengasingkan diri di lokasi air terjun Madakaripura, kami mencium aroma tersebut. Dan setelah sampai dilokasi kami terkesima atas keAgungan Tuhan Yang Maha Esa,dan kami berdoa pada Hyang Widi dengan membawa canang yang telah kami siapkan, dan kami melukat di bawah air terjun", pungkas Jero Wayan. (GUN) 

  • Whatsapp

Index Berita