Hendra Hendarin Penemu, Penggagas, dan Pendiri Kopi SariBhumi, Sukses Menjadi Bos Kopi SariBhumi

INDONESIASATU.CO.ID:

DENPASAR- Kopi memang telah menjadi menu primadona bagi masyarakat modern di Indonesia. Dibalik rasanya yang membuat ketagihan, kopi juga kerap memiliki kapabilitas untuk memompa semangat keseharian anda. Keunggulan yang diakui selain cita rasa pun menggelinding begitu saja ketika sang penikmat sedang asik berbicara bersama kawan.

Aromanya yang jantan seakan telah lulus sensor guna memasuki era baru yang telah menapaki perjalanan singkat para penduduk perkotaan dalam 30 tahun terakhir ini. Saya sendiri saja, tidak akan pernah ragu untuk mengisi keseharian bersama seduhan the special one.

Ada pun kesempatan yang ada, biasanya saya limpahkan untuk sekedar chatting dengan teman saya di Facebook. Kang Hendra Hendarin adalah penemu, penggagas, dan pendiri sebuah produk Kopi ternama di Indonesia dan saya beranggapan, dia memang seorang motivator. Dari merek-nya, yakni Kopi SariBhumi, anggapan akan pemrosesan secara tradisional jelas-jelas memiliki karakteristik rasa yang tidak perlu disangsikan lagi.

Rajin pula ia memberikan pembelajaran umum selayaknya pernyataan dia sendiri pada kolom Group Kopi Sari Bhumi (https://www.facebook.com/KopiSariBhumi). Bagi Kang Hendra, gagasan alamiah akan kreasi terasa semakin merangkul ide-ide inovatif yang hendak dijabarkan. Terhitung sudah berkali-kali para teman, kerabat, handai tolan, serta penggemar kopi SariBhumi tentunya.

Mendapatkan sekumpulan pembelajaran mengenai penanaman kopi, cara pemetikan kopi yang benar, proses sortasi, pola penyeduhan yang sesuai, pemeliharaan kebun dan segenap pengetahuan dasar yang berhubungan.  Hendra Hendarin, Sukses menjadi Bos Kopi SariBhumi. Tapi tidak punya Pabrik Kopi SariBhumi benar-benar sangat memahami tentang seluk-beluk kopi berkualitas.

Faedah yang senantiasa dibanggakan pula oleh para konsumennya. Semisal pola hidup sehat yang diterapkan oleh Ibu Natalie A Widya, “Dimanapun. . . .Kapanpun. . . .Selalu memulai hari yang indah bersama kopi mantap SariBhumi.” Bahkan tuntunan yang ada tak sungkan menemaninya ketika ia bepergian ke luar negeri. Tulis Kang Hendra ketika berbincang dengan Ibu Natalie, “Di tengah setting Milan, Roma, Venesia yang glamour, kopi asal Banjaran ini terlihat pede tongue emoticon Kopi ini juga sering dibawa jalan jalan ke berbagai negara Eropa lainnya, juga negara lainnya, termasuk sebagai oléh-oléh, oleh para sahabatnya.

Kopi SariBhumi dalam hal ini lebih beruntung sering jalan-jalan ke luar negeri daripada pembuatnya.” Jelas sekali bila ruang lingkup ekosistem telah mencatat hak preogratif ide yang cukup cemerlang. Ribuan pohon yang dibalut oleh udara sejuk khas pegunungan. Yang paling ditunggu adalah acara memetik buah kopi langsung dari pohon." kata Kang Hendra.

Buah yang dipetik haruslah yang sudah matang sehingga aman bagi lambung. Kebanyakan kopi di pasar biasanya selalu berkaitan dengan keluhan lambung dan jantung berdebar. Hingga saatnya, mereka akan menemukan hal unik dalam proses pesortiran dan pemanggangan kopi.

Tentu hati HARUS selalu dalam keadaan gembira. Jika ini tak dipenuhi, maka kopi hasil panggangan memiliki rasa yang tak karuan. Hendra Hendarin, Sukses menjadi Bos Kopi SariBhumi. Tapi tidak punya Pabrik Program edukasi tentang ilmu kopi yang sangat menarik dan bermanfaat. Modal Awal hanyalah gaji 1 bulan dari seorang Buruh.“Kami home industry,” ujarnya. Meski demikian, unsur kualitas tetaplah prioritas utama untuk setiap proses produksi, tambahnya:

“Ambil juga dari kebun lain, tapi sangat selektif. Musti organik dan petik yang matang saja.” Loyalitas dan karakter diri yang komunikatif menjadi modal utama Hendra Hendarin guna terjun ke dunia bisnis. Seiring dengan kemajuan yang terjadi, jelasnya, “Saya tidak menyebutnya sebagai pegawai, teman kerja saja. Awalnya saya sendiri, sekarang berlima.” Lantas bila berbicara tentang pendapatan, rata-rata per tahun Kopi Saribhumi mampu meraih jumlah angka omzet hingga 5 ton kopi.  

Hendra Hendarin, Sukses menjadi Bos Kopi SariBhumi. Tapi tidak punya Pabrik ,rajin menulis untuk para pembaca. Speciality coffee Indonesia memiliki panorama rasa tersendiri. Masing-masing daerah tidak segan untuk menghadirkan ragam variasi rasa dengan kualitas tinggi. Dampak positif yang ada pun tampaknya menghasilkan korelasi permanen bagi  Hendra.

Hari demi hari berjalan, dia semakin mengenal dan mencintai kopi, khususnya kopi lokal Indonesia. Deretan ulasan aktif senantiasa mengisi kolom komentar pada tiap postingannya di Facebook account. Tentu dorongan tersebut membuat dia semakin yakin untuk rajin memberikan kontribusi terbaik bagi para pelanggan Kopi Saribhumi (https://www.instagram.com/saribhumi/).

“Serius, aku nggak lagi iklan. Aku bangun dengan feeling better than yesterday. Aku buat kopi dengan hati lebih tenang. 2 sendok robuster dan 1 arabica dalam mokapot. Dan astaga..... The best coffee I've had in my life!,” Salah satu pelanggan, Ibu Devita Devi pun semakin fasih mendeskripsikan rasa dari kopi favoritnya, “Gelasnya sama, kopinya sama, tapi entah apa sebabnya, bahkan Ibunda bilang... Maaf, permisi mau melanjutkan indahnya hari ini: Drizzle, Andrea Bocelli, Pavarotti, Freedom of thought, and THE BEST COFFEE..”

Cita rasa yang dimiliki secepatnya mampu memproklamirkan eksistensinya bagi para konsumen luar negeri. Surprise! Sebuah majalah kuliner ternama di Hongkong pun tidak mau meninggalkan kesempatan yang ada untuk meliput keberadaan kedai SariBhumi di negaranya.

Hendra Hendarin, Sukses menjadi Bos Kopi SariBhumi. Tapi tidak punya Pabrik Cita rasa yang dimiliki secepatnya mampu memproklamirkan eksistensinya bagi para konsumen di luar negeri. Surprise! Sebuah majalah kuliner ternama di Hongkong pun tidak mau meninggalkan kesempatan yang ada untuk meliput keberadaan kedai SariBhumi di negaranya.

Go Internasional. Tak hanya diperuntukkan bagi konsumen di nusantara. Kopi SariBhumi juga menerima permintaan pesanan dari pelanggan di Negara Singapura dan Hongkong. Bahkan sejak bulan Oktober 2015, Kang Hendra telah berhasil menyanggupi strategi marketing yang ada untuk membuka gerai pertamanya di luar negeri.

Uniknya lagi, pembukaan SariBhumi Hongkong diliput secara khusus oleh majalah kuliner paling populer di Hongkong. Dan memang, semua perjalanan usahanya berjalan dengan apik secara bertahap. Prinsip kerjanya yang selalu mengutamakan kedisiplin, serta tidak pernah lupa pada nilai-nilai komunikasi dan kemasyarakatan.

Hal tersebut telah mampu mendorong pertumbuhan akan gerainya di berbagai kota, seperti Bandung, Jalan Sangkuriang 22; Surabaya, Jl. Manyar Tirtosari, dan Jakarta, di Cosmo Japan Supermarket, Bulungan 16. Pernah juga,  Hendra memberikan atensi yang sangat baik untuk peningkatan kesejahteraan petani dan kualitas kopi di Indonesia.

“Harus memperhatikan sustainability, bertani yang menjadi sahabat dengan alam, kesejahteraan petani kopi harus menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan pengusaha kopi,” ucapnya ketika di konfirmasi Jurnalis Indonesia Satu melalui sambungan telephone Selasa (25/12).

“Yang lebih penting adalah bagaimana memberi pengetahuan kepada petani untuk berjuang dan memproduksi kopi yang baik dan sehat, serta berkualitas," imbuhnya. " Bagi pengemar Kopi SariBhumi yang berdomisili di Bali dapat menikmati Kopi sambil share tentang banyak hal di Nattah Kantoor Jl.Pengiasan Gg.Soka No.4 Sanur, Denpasar Bali." pungkasnya.(GUN/Clenoro Suharto).

  • Whatsapp

Index Berita