Menjaga pikiran agar tidak lelah mencoba hal-hal baru : WaMod

Tujuan karir adalah pengembangan bukan pencapaian diri

Tidak sedikit pekerja baru yang melihat karier sebagai pencapaian ketika sebaliknya. Tujuan karir adalah pengembangan diri sehingga suatu saat dapat memiliki kemampuan baru untuk dapat berkontribusi dalam kehidupan sosial. Dengan pola pikir ini, Anda tidak akan menjadi kayu mati.

Terkadang seseorang tidak menyadari kapan efektivitas pekerjaannya menurun hingga akhirnya mandek. Mungkin anda para pekerja baru tidak merasa seperti itu karena anda masih diliputi oleh kebahagiaan menjadi seorang pekerja. Tapi bagaimana dengan dua atau tiga tahun ke depan, masih sama.

Sebagian besar alasan kurangnya pengembangan diri pekerja adalah kenyamanan yang berlebihan dari posisi mereka. Hal ini kemudian memunculkan gagasan tentang zona nyaman di mana hidup mereka berputar di sekitar pekerjaan. Akhirnya, mereka akan terlalu menerima keadaan dan tidak mau mencari tantangan baru.

Hal seperti itu masih belum banyak diakui oleh para pekerja sehingga mereka tetap percaya bahwa tujuan karir adalah sebuah pencapaian. Ketika mereka berhasil mendapatkan karier, mereka sudah menganggapnya sebagai garis finish dalam pengembangan diri. Meski masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengembangkan skill lainnya.

Menjaga pikiran agar tidak lelah mencoba hal-hal baru

Tidak jarang ketika tujuan dari sebuah karir adalah menemukan penghiburan dalam hidup, mendapatkan gaji yang cukup dan akhirnya menikah akan membuat seseorang merasa nyaman. Kenyamanan dalam hidup ibarat obat yang bisa menyesatkan pikiran dan membuatnya tidak produktif.

Tetapi memberi terlalu banyak tekanan pada pikiran juga tidak baik untuk perkembangan kehidupan. Anda dapat membuktikan diri ketika memasuki zona nyaman, jika Anda mengambil risiko untuk mengembangkan diri akan dipilih. Mungkin ada beberapa orang yang ingin keluar dari zona tetapi sebagian besar tidak.

Dalam buku berjudul leisure : the foundation of culture karya Josef Pieper ketika seseorang mencapai zona nyaman, hanya sedikit dari mereka yang mau keluar untuk mengambil risiko. Dengan zona nyaman ini, seseorang lebih rentan terhadap penyakit malas dan mengurangi potensinya sendiri.

TRENDING 🔥  Layanan call center 24 jam : TeknoVidia

Itu juga tergantung pada pandangan seseorang tentang arti risikonya sendiri. Tak sedikit dari mereka yang mengartikan risiko memiliki potensi besar untuk gagal. Terlalu takut dengan risiko tersebut akan membuat pola pikir tujuan karir sebagai cara untuk mendapatkan kenyamanan dalam hidup.

Faktanya adalah bahwa orang dengan naluri dilahirkan untuk mencari kenyamanan dengan membuat berbagai inovasi dalam hidup mereka. Tetapi bagaimana jika di zaman modern manusia memiliki semua kenyamanan yang diperlukan. Tentu saja, semangat untuk bergerak dan berinovasi akan semakin berkurang.

Tujuan karir adalah pengembangan diri, apa artinya

Secara umum, metode pemilihan karir pemuda Indonesia adalah dengan melihat kemampuan dasar apa yang mereka miliki. Jika seseorang sebelumnya belajar di bidang bahasa, maka pilihan karir mereka pasti tidak jauh dari dunia itu. Hal ini terkait dengan penerapan teori yang telah dipelajari.

Mereka mencoba menerapkan apa yang telah mereka pelajari ketika belajar ke dunia kerja. Buktikan apakah apa yang mereka terima selama pembelajaran dapat diterapkan secara langsung atau tidak. Karena sangat sedikit yang dapat diterapkan di lapangan, mereka mendapatkan pengetahuan baru.

Dari sini masih konsisten bahwa tujuan   karir adalah untuk mengembangkan diri, bagaimana jika tidak ada pengetahuan baru. Merasa nyaman karena pekerjaannya sempurna dan akhirnya kurang motivasi untuk mencoba sesuatu. Hal inilah yang menjadi alasan banyaknya hutan mati di Indonesia yang hanya hidup dalam satu usaha.

Kenyamanan yang diterima seseorang benar-benar menular bagi pekerja lain. Sehingga tanpa disadari, efek zona nyaman ini akan menimbulkan suasana kerja yang tidak produktif. Efektif bisa ya tapi mendapatkan produktivitas baru akan sangat jarang.

Ini berarti bahwa ketika menjalani karier, seseorang tidak boleh merasa lelah untuk menekan kemampuannya sendiri. Sebagai binaragawan disamakan tanpa meningkatkan berat latihan, otot-otot tidak akan muncul. Setelah beban berhasil diangkat, mereka segera memiliki tujuan lain untuk dicapai.

TRENDING 🔥  Benarkah   situs jus mp3 lagi tidak membebani perangkat? : PONXX

Dengan memiliki pola pikir seperti itu, tujuan karir sebagai pengembangan diri bukanlah garis finish. Mengapa harus terus berkembang karena dunia tidak berhenti pada titik itu saja dan terus berkembang secara dinamis dari waktu ke waktu.

Dinamika kehidupan ini tidak akan berhenti ketika Anda tidak mengubah cara Anda menjalani hidup Anda. Suatu hari, pasti dengan terlalu nyaman dalam hidup, Anda akan tertinggal. Tidak akan ada jalan pintas yang mudah untuk mengalahkan kerasnya kehidupan selain berusaha untuk terus mengembangkan diri.

Idealisme untuk mengembangkan karier harus diimbangi dengan rasionalitas berpikir

Pengembangan diri harus dibarengi dengan rasionalitas berpikir, seseorang mungkin memiliki aspirasi untuk mencapai hal-hal tertentu namun tetap perlu melihat berbagai faktor. Mungkin ketika Anda masih menjadi pekerja baru, motivasi untuk mengejar sesuatu sangat wajar.

Tetapi jika ambisi ini realistis, pikirkan lagi. Pernahkah Anda memiliki ambisi untuk membuka bisnis Anda sendiri setelah dua tahun bekerja sebagai karyawan. Apakah ini realistis, tentu saja, bukan karena belum tentu semua orang dapat mempelajari keterampilan pemasaran dalam waktu sesingkat itu.

Ini adalah potret yang menjelaskan pekerja muda dengan pola pikir tujuan karir sebagai batu loncatan. Idealisme semacam ini sering terjadi karena banyak pengusaha muda sukses di luar sana. Tetapi pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana perjalanan hidup mereka telah mencapai kesuksesan ini.

Latar belakang dan modal apa yang mereka miliki agar mereka berhasil. Tentu saja, tidak sedikit yang melihat perjuangannya. Harus diakui bahwa bangsa Indonesia selalu melihat hasil akhir tanpa memperhitungkan seberapa sukses perjuangan tokoh tersebut.

Jadi ketika Anda ingin mengikuti ambisi Anda sendiri, Anda harus menyadari bagaimana Anda bisa. Jika Anda tidak dapat membuat persiapan untuk mencapai ini. Mulai dari mencari modal hingga pengetahuan, semuanya harus dilakukan agar cita-cita bisa terwujud. Tanpa rasionalitas itu, Anda pada akhirnya akan jatuh ke dalam lubang kemalasan.

TRENDING 🔥  Risk Management: Pengelolaan Risiko dengan Santai : pulsapedia.com

Bagaimana mengembangkan diri agar tidak terjebak dalam zona nyaman

Agar tidak terjebak di zona nyaman, sebenarnya ada berbagai hal yang bisa dilakukan seseorang. Anda dapat membaca kisah karakter tertentu yang ingin dijadikan referensi. Menemukan karakter yang dijadikan referensi pastinya akan memudahkan diri anda untuk melakukan sesuatu.

Tanpa karakter yang dijadikan panutan, seseorang akan kesulitan menemukan motivasi dalam mengembangkan diri. Sebagai contoh konkret, tidak mungkin Anda ingin menjadi orang sukses jika Anda belum pernah melihat seseorang sukses sebelumnya, bukan?

Bahkan, sangat sepele, bahkan ada individu yang menemukan motivasi mereka dari kebencian terhadap suatu karakter. Keinginan untuk mengalahkan karakter tersebut bisa menjadi pemicu semangat. Kedengarannya klise tetapi itu adalah fakta di lapangan yang terjadi saat ini.

Zona nyaman tidak berlaku ketika motivasi untuk mengembangkan diri dengan sukses dipicu. Suka atau tidak suka akan terus mendorong kemampuan Anda ke tingkat yang tidak masuk akal. Jadi, tingkatkan literasi untuk mendapatkan lebih banyak angka untuk diikuti.

Jangan pernah takut untuk mencoba keluar dari zona nyaman. Risiko bukanlah musuh yang harus dihindari agar Anda aman darinya. Sebaliknya, risiko dapat digunakan sebagai batu loncatan menuju kesuksesan. Tidak memiliki sikap bahwa tujuan karir adalah garis akhir pengembangan diri.

Read More :