5 Tahun Lalu Topan Menembus Pagar Betis Paspampres, Serahkan Berkas Bali Tolak Reklamasi

INDONESIASATU.CO.ID:

DENPASAR- Anak muda berkaos putih yang sedang menyerahkan tas kresek warna biru kepada Presiden Jokowi 5 tahun lalu akrab dipanggil Topan. Saat kejadian 5 tahun lalu saat Pak Jokowi baru terpilih sebagai Presiden RI dan datang ke Bali mengadakan syukuran bersama relawan Bali.

Dibelakang dan samping Topan itu bukan relawan tapi PASPAMRES. . Topan saat ini menjabat Direktur Walhi Bali. Sejak 5 tahun lalu hingga kini Topan terus berjuang menggagalkan reklamasi Teluk Benoa. Peristiwa foto ini adalah saksi bisu, untuk pertamakali Pak Jokowi secara langsung menerima berkas-berkas penolakan reklamasi Teluk Benoa.

 Ya, tas biru itu isinya berkas penolakan reklamasi Teluk Benoa, bukan penganan atau kuliner. . Yah, kesannya ndak sopan ya menyerahkan berkas dalam tas seperti itu ke Pak Jokowi? Tapi kalo tau situasi waktu itu pasti tudingan ndak sopan akan luluh.

Situasi saat itu benar-benar tidak nyaman bagi pejuang Bali Tolak Reklamasi (BTR) . Di tempat syukuran sedari awal sudah ada semacam "warning" agar menjauhkan pejuang BTR dari Pak Jokowi. Mendekat ke Pak Jokowi sangat susah, apalagi mengumandangkan yel-yel BTR, susah. . . Beruntung aktifis ForBALI punya akal plus bernyali besar.

Dengan sedikit kamuflase, Topan bisa menyelinap masuk, lalu dgn keberanian luar biasa, dia belari maju menuju ke arah kursi Pak Jokowi. Dia menerobos Paspamres. Topan lolos dari pengawasan, tapi Paspampres mengejar Topan.

Beruntung sebelum berhasil dihadang, Topan sampai ke meja Pak Jokowi. . "Pak, Saya menyerahkan berkas2 penolakan reklamasi Teluk Benoa dari masyarakat Bali. Tolong Bapak bantu perjuangan rakyat." ujar Topan Direktur Walhi Bali ketika dikonfirmasi Jurnalis Indonesia Satu Bali Jumat (22/03) melalui sambungan telephone.

Setelah berkas diterima Pak Jokowi, Topan langsung balik kanan. Guna menghidari situasi yg tidak diinginkan Topan segera dibawa pergi oleh akwan2 lain menjauh dr gedung pertemuan. . Tau kan susahnya? Taukan resikonya, tau kan betapa berat posisi perjuangan ini diawal-awal?

"Masih berpikir pejuang BTR hanya cari panggung? Masih berpikir untuk berhenti berjuang? . Pak Jokowi sudah tahu banyak tentang perjuangan rakyat. Saatnya Beliau bersikap tegas agar reklamasi Teluk Benoa Batal dengan mencabut Perpres no 51 th 2014."tegasnya.

"Bagi para pejuang Bali Tolak Reklamasi  mari besok hadir dalam aksi Demonstrasi Damai hari Sabtu (23/03) titik kumpul di Lapangan Parkir Timur Renon dengan mengunakan Baju Adat Madya Tshirt forBali", pungkasnya.(GUN).

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita